5 Cara Mudah Membuat Website Gratis

5 Cara Mudah Membuat Website Gratis

Advertorial | CNN Indonesia
Selasa, 08 Mar 2022 00:00 WIB
Website merupakan platform teknologi online yang kini sudah lazim digunakan. Foto: Shutterstock
Jakarta, CNN Indonesia --

Website merupakan platform teknologi online yang kini sudah lazim digunakan. Dari website ini kita bisa melakukan banyak hal, dari mencari informasi hingga bertransaksi jual beli.

Meski keberadaan website sudah umum, namun masih banyak dari kalangan masyarakat yang masih kesulitan mengoperasikannya. Beberapa dari mereka bahkan menganggap membuat website membutuhkan biaya mahal.

Tentu saja anggapan ini tidak benar, karena kini kamu bisa membuat website, bahkan tanpa biaya alias gratis. Nah, berikut cara untuk membuat website secara gratis yang dapat kamu terapkan.

5 Langkah Membuat Website Gratis dengan Wordpress

Secara umum ada lima tahapan cara membuat website secara gratis, yaitu sebagai berikut.

  1. Menentukan jenis website.
  2. Mengatur hosting dan domain.
  3. Atur tema dan tampilan.
  4. Sesuaikan plugin yang dibutuhkan.
  5. Optimasi website.

Untuk pembahasan kali ini, kita akan fokuskan pada pembuatan website gratis dengan platform Wordpress. Dengan catatan penggunaan Wordpress oleh 40% dari seluruh website di internet, membuat Wordpress memang telah dianggap sebagai salah satu Content Management System (CMS) terbaik untuk sebuah website.

Menentukan Jenis Website

Langkah pertama membuat website secara gratis adalah menentukan jenis website. Saat ini jenis website sangat beragam bergantung pada penggunaannya. Beberapa pilihan dari jenis website yang perlu kamu tentukan antara lain:

  1. Websitepersonal yang penggunanya biasanya dimiliki oleh perorangan sebagai halaman resmi mereka di dunia digital.
  2. Websitetoko online yang dibuat untuk tujuan sebagai platform berjualan secara online.
  3. Blog merupakan website dengan sajian artikel yang informatif dan terkini untuk menarik pengunjung atau visitor.
  4. Websiteorganisasi dan instansi adalah website yang dimanfaatkan oleh organisasi umum dan instansi pemerintahan sebagai identitas online mereka.
  5. Portal berita yaitu website yang menyajikan berita-berita terbaru dalam waktu yang singkat.
  6. Website sekolah/universitas, yakni website yang digunakan oleh institusi pendidikan dalam bentuk sekolah atau universitas.
  7. Website regional adalah website yang digunakan oleh pemerintahan tingkat kota atau provinsi.

Mengatur Hosting dan Domain Gratis

Website tanpa biaya atau gratis ini memang membuatmu tidak dapat menggunakan nama domain TLD (e.g: namawebsite.com). Di sini, nantinya kamu akan memakai domain tambahan di depan penyedia website gratis seperti wordPress.com. Konsekuensi lain menggunakan hosting dan domain gratis adalah adanya pembatasan fitur kustomisasi tampilan dan pengaturan SEO.

Atur Tema dan Tampilan

Berikutnya, langkah membuat website gratis adalah dengan mengatur tema dan tampilan. Karena kamu memilih domain dan hosting gratis maka pilihan tema dan tampilan website akan terbatas. Untuk mengatur tema kamu bisa melakukannya melalui dashboard WordPress dari cPanel dengan mengunjungi namawebsite.com/wp-admin.

Setelah masuk dashboard, pilih menu Appearance > Themes > Add New. Di sini, kamu bisa memilih beberapa tema gratis yang tersedia. Jika sudah memilih tema, klik Apply untuk mengaktifkannya sebagai tema website kamu.

Pasang Plugin yang Dibutuhkan

Jika website sudah tertata rapi, kamu bisa lanjutkan dengan memasang plugin untuk meningkatkan fitur dan fungsionalitas website. Beberapa plugin penting dan wajib dimiliki sebuah website, yaitu LiteSpeed Cache dan Yoast SEO.

Untuk melakukan install plugin sendiri kamu bisa mengakses Dashboard > Plugins > Add New. Di sini, kamu bisa mendapati beberapa plugin, seperti LiteSpeed Cache dan Yoast SEO. Setelah proses instalasi plugin selesai, klik Activate agar plugin dapat dipakai dan bekerja di website.

Optimasi Website

Terakhir, langkah membuat website gratis adalah dengan mengoptimasi website. Sebenarnya, sebelum tahapan ini kamu sudah memiliki website gratis. Namun, dengan melakukan optimasi website maka performa website-mu akan semakin baik. Jadi, melakukan optimasi website juga sangat penting dilakukan.

Optimasi website sendiri ada dua bagian, yakni optimasi performa website dan optimasi untuk search engine (SEO). Optimasi performa website bisa dilakukan dengan menggunakan tema website yang ringan dan mobile friendly, mempercepat loading-nya, dan meningkatkan security website tersebut. Sementara, optimasi search engine dapat dilakukan dengan membuat title tag sesuai kata kunci, menggunakan permalink yang singkat dan jelas, dan menulis konten yang berkualitas.

Itulah informasi mengenai cara membuat website gratis yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan informasi ini kamu bisa mendapatkan gambaran dan tidak ragu lagi untuk beralih ke dunia digital seiring dengan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat.

(adv/adv)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER
Cara Mudah & Instan Buat Web Bisnis - Tanpa Domain & Hosting - Sekali KLIK Langsung Jadi